Warning: include_once(/home/wisatad2/anggarakasa.com/wp-content/plugins/litespeed-cache/thirdparty/lscwp-3rd-wpforo.cls.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/wisatad2/anggarakasa.com/wp-content/plugins/litespeed-cache/thirdparty/lscwp-registry-3rd.php on line 38

Warning: include_once(): Failed opening '/home/wisatad2/anggarakasa.com/wp-content/plugins/litespeed-cache/thirdparty/lscwp-3rd-wpforo.cls.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php56/usr/share/pear:/opt/alt/php56/usr/share/php') in /home/wisatad2/anggarakasa.com/wp-content/plugins/litespeed-cache/thirdparty/lscwp-registry-3rd.php on line 38
7 Tips Main di Pantai Jogja dengan Anak – Angga Rakasa

7 Tips Main di Pantai Jogja dengan Anak

soulofamerica.com

Pantai akan menjadi tempat paling mengasyikkan bagi anak-anak untuk main. Ada banyak pantai di Jogja yang cocok untuk anak-anak. Namun Meskipun begitu orang tua harus tetap mengawasi anak-anak waspada dengan ombak yang tiba-tiba berubah.

Anak-anak bisa bermain di pantai tanpa harus berenang. Apalagi saat ini ada berbagai tempat wisata dan wahana yang menarik di beberapa pantai di Jogja. Misalnya anak-anak naik andong ataupun tunggang kuda sambil menyisiri pesisir pantai.

Ada banyak hotel daerah Jogja yang dekat dengan pantai. Fasilitasnya juga sudah cukup lumayan mulai dari Aceh hingga fasilitas internet gratis. Anak-anak sama akses YouTube selama masa liburan di Jogja. Berikut adalah tips bermain dengan anak di pantai Jogja.

  1. Gunakan sunblock

Cuaca yang panas dan panas terik memang sangat tidak cocok bagi anak-anak ingin kulit yang lembut. Namun bukan berarti anak-anak tidak boleh bermain di pantai. Gunakan sunblock atau tabir surya yang dikhususkan untuk anak-anak.

Biasanya tabir surya berbeda antara anak-anak batita dan anak-anak yang sudah cukup besar. Saya menggunakan sunblock anak-anak bisa dipakaikan pelembab agar kulitnya tidak cepat kering meskipun sudah menggunakan tabir surya. Kini sudah banyak tabir surya yang memilki kandungan pelembab dan vitamin sekaligus.

  1. Bawa Perlengkapan Mainan di Pantai

Meskipun pantai di Jogja memiliki karakteristik pasir yang berwarna coklat, anak-anak bisa bermain pasir. Untuk itu Orang tua harus membawa dan menyiapkan sejak awal peralatan permainan di pantai misalnya seperti ember kecil sekop dan beberapa mainan yang bisa membentuk istana ataupun binatang khas laut.

Perlengkapan mainan di pantai ini akan sangat sulit jika didapatkan di lokasi wisata. Yang penting anak-anak dilengkapi dengan ember dan sekop itu sudah cukup untuk membuat anak-anak betah dan berlama-lama di pantai sambil bermain pasir.

3, Payung Piknik

Jika kondisi angin memungkinkan dan tidak terlalu besar, orang tua juga bisa memasangkan payung piknik di tepi pantai namun tidak terlalu dekat dengan laut.

Payung piknik bukan hanya berfungsi untuk melindungi anak dari sinar matahari tetapi juga bisa menjadi tanda bagi anak-anak yang lebih besar, jika bermain lebih jauh dari tempat berkumpul. Pastikan anak-anak tetap dalam pantauan orang tua terutama buat anak-anak yang bermain air di tepi pantai.

  1. Tikar

Piknik yang paling nikmat itu adalah tidur-tiduran di bawah pohon di tepi pantai. Namun sebelum menggelar tikar di bawah pohon pastikan tidak berada di bawah pohon kelapa karena dihawatirkan ada kelapa yang jatuh sehingga menimpa orang yang di bawahnya.

Dengan membawa tikar, anak-anak lebih nyaman ketika waktu makan siang sehingga tidak perlu repot berada di atas pasir. Makanan pun jadi lebih bersih. Orang tua bisa bergantian untuk istirahat sementara yang lainnya tetap memantau anak-anak yang sedang bermain.

Jika menginap di hotel daerah Jogja dan orang tua lupa membawa tikar, jangan sungkan untuk meminjam tikar pada pihak hotel mereka akan dengan senang hati meminjamkan tikar ataupun alas selama berada di pantai.

  1. Pilih baju renang yang nyaman

Jangan gunakan pakaian renang yang terlalu terbuka. Karena suasananya berbeda dengan di kolam renang. Gunakan pakaian renang yang tertutup. Misalnya untuk laki-laki anak-anak menutupi seluruh tubuh hingga ke siku tangan.

Bagi anak perempuan bisa juga menggunakan model pakaian renang muslimah atau pakaian renang yang tidak berbeda jauh dengan pakaian renang anak laki-laki yang menutupi lengan hingga ke siku.

  1. Bawa makanan yang disukai anak

Anak-anak tidak menyukai sayur, akan sangat rapat juga jika membawa makanan berkuah ke pantai. Untuk itu siapkan saja makanan kering yang lebih mudah untuk disimpan di dalam kendaraan dan juga lebih mudah untuk dikonsumsi saat berada di pantai.

Makanan-makanan yang disukai oleh anak, tidak harus melulu selalu mengikuti selera mereka. Ketika berada di pantai pun akan menjadi waktu yang paling tepat untuk mengenalkan anak pada kuliner laut seperti ikan dan udang.

Ada banyak aneka produk makanan laut yang pasti disukai oleh anak-anak misalnya seperti kerupuk dari ikan, ataupun olahan lainnya seperti rumput laut. Pastikan anak-anak juga jadi belajar saat berwisata ke pantai.

  1. Bawa peralatan mandi

Setelah selesai bermain di pantai ataupun berenang di laut, pastikan anak-anak membilas tubuhnya dengan bersih. Bawa Perlengkapan mandi seperti sabun dan sampo. Jangan lupa untuk membawa handuk untuk mengeringkan tubuh anak-anak.

Gunakan lap atau handuk yang berbeda untuk membersihkan tubuh anak-anak dari pasir yang menempel. Anak-anak bisa diajarkan Bagaimana caranya untuk menghilangkan pasir dengan pasir tanpa harus menggunakan air. Caranya adalah menggosok pasir yang menempel di kaki dengan pasir kering hingga pasir yang ada di kaki yang menempel tadi hilang.

Jika ingin berencana ke Yogyakarta dengan pesawat pada saat liburan panjang, pastikan melakukan booking pesawat di Reservasi.com 90 hari sebelumnya untuk mendapatkan tiket rombongan. Akan sangat sulit jika mengandalkan booking tiket pesawat di menit-menit terakhir apalagi jika mengajak banyak keluarga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *