Menemukan Cuilan Surga di Timur Indonesia. Pulau Sumba, Anugrah Tuhan yang Tiada Duanya!

Pernah gak sih kamu kepikiran pengen menyepi di suatu tempat yang tenang, nyaman, sedikit orang yang tahu? Kalau iya, kamu harus rajin-rajin melihat Indonesia bagian timur. Disana, kamu bisa menemukan Indonesia yang sebenarnya. Indonesia yang punya alam yang super duper awesome.

Kalau menurut kamu Indoneisa cuma Jakarta dengan gedung pencakar langitnya saja, berarti kamu belum menemukan Indonesia yang sebenarnya. Di timur sana, ada tempat bernama Sumba, sebuah tempat yang belum banyak diketahui orang tentang alamnya yang indah. Untuk itu, hipwee travel mau ngajakin kamu menggali lebih jauh tentang sumba.

Sumba itu punya semuanya, bukit, pantai, savanah. -Riri riza, sutradara

Bukit Warinding, bukit yang bisa membuatmu merinding-rinding

Bukit warinding

Bukit warinding via fun-adventure.com

Mungkin baru Riri riza dan Mira lesmana yang mengangkat pemandangan bukit warinding melalui film. Iya, kalau kamu udah nonton film pendekar tongkat emas, kamu akan terpana dengan indahnya bukit ini. Terbukti, di sana kamu bisa menikmati semilir angin sepoy-sepoy yang natural. Kalau kamu galau, tempat ini cocok banget untuk melampiaskan kegalauanmu.

Dan 1 hal lagi, menuju kawasan Bukit Warinding sama sekali tidak sulit, karena terletak tepat di tepi jalan raya yang menjadi akses utama dari Waingapu di Sumba Timur menuju Waikabubak di Sumba Tengah atau Tambolaka di Sumba Barat.

”Berbagai tempat di Indonesia Timur sangat layak dijadikan lokasi film jika dibandingkan dengan lokasi yang orang bayangkan selama ini, seperti Jepang, Paris atau New Zealand, -Mira lesmana, produser film pendekar tongkat emas

Desa Adat Rende, desa yang penuh dengan keramahan tapi tak lupa dengan kebudayaan

Desa adat rende

Desa adat rende via www.itchcreature.com

Apakah kamu penikmat bangunan-bangunan kebudayaan asli Indonesia? Kalau iya, kamu perlu datang ke Desa Adat Rende. Disana, kamu akan dimanjakan dengan bangunan arsitektur adat asli kebudayaan sumba. Penduduknya bagaimana? Penduduk di sana terkenal dengan keramahan dan kehangatannya saat ada tamu yang datang. Eits, jangan ngerasa takut dulu ya, di sana makam-makam orang yang sudah meninggal di kubur di depan rumah. Itu salah satu adat mereka. Unik dan beda, kamu wajib ke sini

”Sumba itu misterius” -Riri riza

Belok kiri langsung sampai Walakiri. Pantai penghasil rumput laut yang bikin pantai lain iri

Enak banget kalau menikmati berdua di sini

Enak banget kalau menikmati berdua di sini via breaktime.co.id

Kalau kamu tahunya pantai hanya pasir dan ombak, kamu harus piknik ke pantai walakiri. Di sana, kamu bisa menemukan mangrove ( hutan bakau ) yang keren banget. Kalau kamu foto-foto di sana dan lihat hasilnya, dijamin kamu kayak gak percaya kalau ini ada di Indonesia.

Kalau kamu suka rumput laut dan bingung pengen nyari di mana, pantai walakirilah tempatnya. Pantai ini adalah pantai penghasil rumput laut yang sangat potensial. Sebagian masyarakatnya pun banyak yang membudidayakan rumput laut. Tuh, selain bisa foto-foto bisa makan rumput laut, asik kan? Asik dong!

Di titik itu bisa liat sunset, bisa liat sunrise, bisa liat laut dari satu titik yang sama. Ya enaknya bisa liat semua, 360 (memutarkan badan) bagus, -Nicholas saputra

Padang savana adalah bukti Indonesia itu gak hanya indah, tapi juga punya pemandangan yang bisa dibanggakan

Main kuda-kudaan!

Main kuda-kudaan! via assets.kompas.com

Pernah kepikiran pengen main kuda-kudaan sambil menikmati ilalang yang terhampar luas belum? Kalau iya, kamu wajib ke padang savana lapawu. Disana, kamu berasa kayak di film-film Hollywood, hanya terlihat kamu dan ilalalang-ilalang tinggi yang menjulang. Sumba, adalah surganya bukit-bukit indah, padang savana buktinya. Eits, kamu wajib foto-foto di sini. Dan ingat, jangan dirusak ya.

Awalnya kami sudah meriset Indonesia Timur, Sumba Timur memang sudah perfect untuk jadi lokasi film ini, karena ada unsur-unsur kultural yang memberikan inspirasi, kemudian lokasi yang menjadi utama, -Mira lesmana

Danau Weekuri, danaunya bidadari yang eksotis.

Danau weekuri, pengen banget nih berenang di sini

Danau weekuri, pengen banget nih berenang di sini via breaktime.co.id

Bosan sama bukit? Pantai? Padang? Berarti kamu harus ke danau. Eits, jangan pandang sebelah mata dulu ya, danau di Sumba bukan danau ecek-ecek, danau di Sumba adalah danau yang sebenarnya. Tersembunyi, tenang, dan jernih. Airnya yang bersih ngebikin kamu pengen buka baju dan langsung mandi di sini. Uniknya, karna danau ini ada ditengah hutan, jadi pinter-pinter nyarinya ya.

Setelah semuanya kamu kunjungi, air terjun wajib menjadi pengusir lelahmu.

Air terjun lakera

Air terjun lakera via 4.bp.blogspot.com

Rasa-rasanya, Alam indahnya Sumba adalah alam paket komplit. Kenapa? Di Sumba, destinasi alam jenis apapun tersedia, tinggal kita maunya kemana. Bukit, pantai, padang, danau. Dan 1 lagi Sumba punya air terjun. Ya, air terjun yang bisa bikin mata kamu melotot gak karuan. Uniknya lagi, kalau kamu mau ke sini, kamu harus berenang dulu. Sebab, gak ada akses untuk pejalan kaki. Asik kan? Asik banget! Lebih kerennya lagi, tempat ini difungsikan untuk microhidro oleh PLN. Ajib banget! Kamu tahu apa nama air terjunnya? Namanya Air Terjun Pabeti Lakera. Noted!

Guys, Indonesia itu kaya. Kaya alam, kaya pemandangan, kaya kebudayaan. Segalanya ada di Indonesia, semuanya tersedia di sini, asalkan kamu pintar cari informasi sana-sini, gak hanya duduk diem gak ngapa-ngapain. Selagi muda nikmatilah anugerah alam luar biasa yang diberikan semesta. Dan, ingat. Selain kamu bisa menikmatinya, kamu juga wajib menjaganya. Timur Indonesia itu surganya keindahan, dan wajib kita jaga. Okey?

Selamat piknik ke Sumba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *