Kebanyakan usaha kecil pesimis akan promosi yang mereka lakukan. Pada umumnya, usaha kecil akan melakukan promo yang memiliki harga terjangkau dan efektif dilakukan. Namun, terkadang sulit untuk mendapatkan saluran iklan yang efektif dan terjangkau harganya. Oleh karena itu, mengatur anggaran merupakan cara terbaik untuk dilakukan.

Dengan menentukan jumlah uang pada saluran iklan yang pas, Anda bisa mendapatkan hasil yang Anda impikan. Pasalnya, pengeluaran untuk promosi iklan sendiri cukup konsisten, sehingga diperlukan pertimbangan akan keefektifan saluran iklan tersebut.

Mengapa iklan sangat penting?

Seperti yang kita tahu bahwa tujuan utama dari iklan adalah menawarkan produk yang menurut Anda memang bagus untuk ditawarkan. Selain itu, iklan juga membantu untuk meningkatkan kesadaran akan sesuatu yang tidak cukup dikenal oleh orang. Pastinya, hal ini dilakukan untuk memberi tahu mereka akan manfaat produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Rupanya iklan juga digunakan sebagai perbandingan antara produk Anda dengan kompetitor. Namun fungsi penting iklan adalah untuk mengingatkan akan keberadaan bisnis Anda pada masyarakat.

Strategi iklan untuk usaha kecil

Untuk bisa memaksimalkan usaha Anda, maka ada beberapa strategi iklan yang bisa Anda gunakan, terlebih lagi untuk usaha kecil hingga menengah.

1. Targetkan calon konsumen Anda

Kebanyakan bisnis kecil tidak menargetkan calon konsumen mereka saat promosi dilakukan. Padahal, hal ini sangat penting untuk dilakukan. Maka dari itu, Anda harus teliti dalam membuat data target calon konsumen yang akurat berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Dengan adanya data yang Anda kumpulkan, Anda akan mengetahui apa kebutuhan masyarakat saat ini, baik dalam sisi demografis, psikografis dan lain sebaiknya.

Pastikan untuk strategi yang satu ini tepat sasaran, baik iklan secara online ataupun offline. Terlebih lagi, pelanggan yang Anda tangani mencerminkan akan target yang Anda inginkan.

2. Lakukan pengukuran

Setelah iklan diterbitkan, kebanyakan usaha kecil tidak terlalu peduli apakah saluran iklan tersebut benar – benar efektif atau tidak. Padahal, hal ini bisa menjadi ancaman berbahaya kalau tidak diatasi dengan serius. Saluran iklan, seperti Google Ads dan Facebook biasanya akan memberikan data akan iklan Anda, seperti apakah iklan tersebut berhasil atau faktor apa yang membuatnya berhasil.

Selain itu, diperlukan juga eksperimen dalam pengujian iklan Anda. Pasalnya, memang dibutuhkan waktu dalam membuat iklan yang sesuai dengan target konsumen. Contohnya, iklan secara offline akan membutuhkan nomor telpon atau alamat email agar konsumen mudah menghubungi. Anda juga harus mengidentifikasi mana strategi yang bisa mencapai target dan mana yang tidak. Semua itu dilakukan berdasarkan data lapangan yang sudah ada.

3. Pilih waktu terbaik

Strategi iklan yang selanjutnya adalah dengan memilih waktu yang tepat. Kebanyakan pebisnis akan lebih suka melakukan pendekatan dengan periklanan yang merata dan dilakukan dari bulan ke bulan. Namun jika dilihat kembali, ada banyak hal yang tidak Anda ukur. Padahal, cermat akan waktu yang tepat akan semakin membuat keuntungan lebih maksimal.

Apabila Anda memiliki produk yang bersifat musiman, lebih baik melakukan pengiklanan pada bulan – bulan yang memberikan keuntungan lebih. Bahkan, hari – hari libur akn memberikan dampak yang besar. Maka dari itu, sangat penting untuk menyiapkan dana akan momentum seperti itu.

4. Lakukan branding

Branding akan membuat Anda mendapatkan konsumen dengan cepat. Maka dari itu, konsumen juga harus bisa mengidentifikasi iklan Anda berdasarkan warna, logo, citra atau jenis huruf yang Anda gunakan. Namun apabila konsumen tidak mengidentifikasinya, maka harus ada perbaikan. Pasalnya, brand yang tidak konsisten akan membuat konsumen bingung dan sulit mengidentifikasi produk Anda. Dengan demikian, konsisten untuk membangun brand agar mendapatkan kesetiaan pelanggan.

5. Gunakan saluran yang baik

Manfaatkan beberapa saluran iklan yang baik, seperti Google Ads atau Iklan Bing. Di mana, iklan Anda akan tampil dalam setiap kata kunci yang diketikkan. Anda bisa mengalokasikan dana untuk memanfaatkan hal ini. Namun apabila memiliki keterbatasan konten dan dana, Anda bisa memanfaatkan sosial media, seperti Facebook atau Instagram.

6. Pilih lokasi yang tepat

Pentingnya data akan mengantarkan Anda memilih lokasi yang tepat untuk iklan Anda. Dengan begitu, dana yang Anda keluarkan juga tidak akan sia – sia. Faktanya, banyak pelanggan yang mungkin lebih menonton media online dibandingkan televisi saat ini. Maka dari itu, dibutuhkan survey yang tepat guna mengetahui media apa yang tepat untuk iklan Anda nantinya.

Iklan online

Dengan perkembangan era digital dan komunikasi saat ini semua urusan jadi lebih mudah. Terlebih lagi, dalam urusan iklan. Penggunaan internet untuk iklan dirasa cukup efektif dan tidak memakan biaya terlalu tinggi. Berikut ini, beberapa iklan online yang bisa menjadi strategi bisnis Anda.

1. Iklan pay per klik

Strategi periklanan ini terbukti bisa mengontrol iklan Anda dengan target audiens tertentu menggunakan kata kunci. Google menjadi salah satu saluran periklanan ini. Namun, Anda juga harus membayar setiap kali ada orang yang mengklik iklan Anda.

2. Postingan blog

Dengan membuat blog yang berisi konten informatif juga merupakan layanan produk dan iklan Anda. Anda bisa mendapatkan target audiens yang lebih spesifik lagi. Untuk membuat hal ini berhasil, pastikan untuk selalu update dengan informasi terbaru.

3. Artikel

Dengan mengirimkan dan menulis artikel yang berisi konten kreatif, Anda bisa menarik para pengunjung untuk mengunjungi website Anda. Dengan begitu, efek positif berkepanjangan juga akan berdampak pada bisnis Anda. Lebih hebatnya lagi, artikel bisa menarik para pengunjung untuk ke website Anda.

4. Forum dan media sosial

Pastikan semua forum dan media sosial milik Anda terhubung dengan link yang ada pada website Anda. Pasalnya, sebagai orang yang aktif pada suatu komunitas, Anda akan mulai membagikan informasi yang lebih berguna. Kemudian, menarik para audiens untuk melihat dan berkunjung ke website Anda dan akhirnya melakukan transaksi.

5. Marketing viral

Marketing viral juga menjadi salah satu iklan online yang bisa Anda manfaatkan. Dengan begitu, Anda bisa menarik lebih banyak audiens untuk mengunjungi website Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengadakan suatu promo. Tapi, selalu pastikan Anda memiliki informasi yang berguna. Apabila ha ini terjadi, maka orang akan memberitahu tentang website Anda. Dengan begitu, iklan dari mulut ke mulut akan berjalan.

6. Traffic trading

Tidak ada salahnya sedikit meluangkan waktu untuk bergabung dengan website, forum atau direktori.  Dengan mendaftarkan URL Anda, maka akan membantu meningkatkan keberadaan bisnis Anda. Namun begitu, hal yang terpenting adalah kualitas konten, bukan kuantitasnya.

7. Press release

Jangan lupa setiap kali ada perubahan atau peluncuran sesuatu yang baru, langsung update informasi bisnis Anda. Caranya dengan menuliskan press release dan kemudian dikirimkan. Teknik iklan ini akan lebih mudah mempromosikan apa yang ada pada website Anda. Selain itu juga meningkatkan jumlah pengunjung di website Anda. Walaupun membutuhkan sedikit waktu lebih lama, namun dengan seiring berjalannya waktu akan menunjukan perubahan besar.

Bagi Anda yang ingin mulai untuk memasarkan produk di Internet, yuk miliki paket hosting terbaik dengan promo yang luar biasa.

Dapatkan Diskon 40% untuk setiap pembelian hosting unlimited untuk Paket Super Besar ke Atas dengan kupon

(((DENY40)))

Dapatkan Diskon 10% untuk setiap pembelian hosting untuk semua paket.

JAGOWEB10